Rabu, 15 April 2009

Anak Cedas karena AA & DHA ?

Pentingnya AA dan DHA dalam perkembangan otak bayi
AA dan DHA merupakan 2 jenis asam lemak tidak jenuh ganda rantai panjang yang berperan penting dalam perkembangan otak. AA (asam arakhidonat) disintesa dari omega 6 (asam linoleat) dan DHA (asam dokosaheksaenoat) disintesa dari omega 3 (asam linolenat), keduanya merupakan komponen penting yang ada dalam otak.

AA dan DHA juga merupakan asam lemak yang berperan penting dalam perkembangan fungsi otak dan penglihatan. Keduanaya terdapat dalam semua membran sel, terutama di otak dan retina mata.

Apa bayi benar-benar butuh AA dan DHA ?
Penelitian membuktikan bahwa periode bayi merupakan periode dimana otak mengalami perkembangan yang sangat pesat sekaligus rawan. Karena itulah otak membutuhkan AA dan DHA yang cukup agar dapat berkembang dengan sempurna.

Sebenarnya secara alami AA dan DHA dapat ditemukaan di dalam ASI. Hal tersebut yang membuat bayi yang mendapatkan ASI memiliki perkembangan mental dan ketajaman penglihatan yang lebih baik daripada yang hanya mengkonsumsi susu formula tanpa ASI sedikitpun.

Oleh karena itulah, sejak awal kehamilan sebaiknya para ibu memastikan kecukupan asupan LCPUFAs (asam lemak tidak jenuh ganda rantai panjang), karena hal ini akan mempengaruhi komposisi asam lemak dalam ASI.

Manfaat AA dan DHA
Berdasarkan penelitian, bayi yang mengkonsumsi AA dan DHA selama 4 bulan akan mengalami peningkatan perkembangan sel saraf, misalnya : kemampuan untuk belajar dan kemampuan untuk memecahkan masalah.

Kelompok bayi yang diberikan AA dan DHA selalu mendapatkan skor lebih tinggi dibanding kelompok yang tidak mendapatkan AA dan DHA dalam berbagai macam jenis tes kemampuan. Selain meningkatkan kecerdasan, manfaat yang lainnya seperti yang dijelaskan diatas yaitu meningkatkan ketajaman fungsi penglihatan bayi.

Periode emas pertumbuhan otak
- periode emas pertumbuhan otak adalah suatu periode tercepat pada pertumbuhan otak yang dimulai sejak trismester ke-3 kehamilan hingga usia 4 tahun
- tahun pertama bayi merupakan masa tercepat pertumbukan otak, berat otak mencapai 300% dibandingkan berat otak saat lahir
- periode emas pertumbuhan otak erat kaitannya dengan pertumbuhan struktur sel baru dan fungsi-fungsinya
- sekitar 25% bahan pembentuk otak, dibentuk selama periode ini

berdasarkan informasi diatas, kesimpulan yang dapat kita tarik adalah pemenuhan nutrisi terutama AA dan DHA selama periode tsb harus dipenuhi.

AA dan DHA siap pakai
Selama bertahun-tahun, bayi dianggap mampu mensintesa AA dan DHA sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Namun berdasarkan penelitian beberapa tahun terakhir, bayi lebih membutuhkan AA dan DHA dalam bentuk siap pakai selama masa periode emas pertumbuhan otak. AA dan DHA siap pakai tersebut bisa didapatkan melalui ASI, selain itu dapat juga didapatkan melalui berbagai produk nutrisi untuk otak yang dijual di apotik, tentunya konsultasikan dulu dengan dokter spesialis anak anda jika ingin memberikan nutrisi otak untuk bayi tercinta.

Tidak ada komentar: